PERKEMBANGAN
E-SPORTS DI INDONESIA
BAB
I
PENDAHULUAN
I. LATAR BELAKANG
E-Sports yang sudah lama berkembang di
dunia sejak tahun 2000-an kini telah memasuki Indonesia, kegiatan gaming yang
tadinya hanya menjadi sebuah hobi belaka kini telah menjadi sebuah industri yang
menjanjikan bagi seluruh stakeholders
didalamnya. Selain itu banyaknya komunitas yang mendalami dunia E-Sports ini
menjadi suatu dorongan untuk semakin majunya dunia E-Sports di Indonesia.
II. Rumusan dan Batsan Masalah
Masih sedikitnya orang-orang yang
mengetahui tentang E-Sports di Indonesia menjadi salah satu masalah yang
membuat terhambatnya perkembangan E-Sports di Indonesia, bagi beberapa orang
kegiatan gaming terkadang hanya dipandang sebagai kegiatan yang negatif dan
hanya menghamburkan waktu dan uang, akan tetapi dibalik itu terdapat nilai
positif dari kegiatan ini. Selain itu masalah yang dihadapi oleh para pendalam
kegiatan ini adalah kurangnya peraturan yang membatasi siapa saja yang hanya
boleh mendaftarkan akun untuk sebuah permainan yang menjadi bidangnya dalam
dunia E-Sports tersebut.
III. Tujuan Penelitian
Tujuan penilitian ini dimaksudkan untuk
memberikan wawasan luas kepada masyarakat yang belum mengetahui adanya E-Sports
di Indonesia dan meneliti sejauh mana
perkembangan E-Sports di Indonesia.
IV. Metode Penelitian
- WawancaraMencari dan mewawancarai para pendalam kegiatan E-Sports yang ada di Indonesia dengan menanyakan motivasi apa yang membuat narasumber mendalami dunia E-Sports ini.
- Penelitian Lapangan
V. Bibliografi
Indonesia E-Sports Association, http://www.iespa.or.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar