Senin, 13 April 2015

Pengenalan dan Perkembangan dari Visual Basic



Pengertian Visual Basic
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi kasir ataupun keuangan. Tetapi tidak menutup kemungkinan Visual Basic digunakan untuk membuat aplikasi lain seperti permainan hingga untuk membuat virus.
Awal dan Perkembangan Visual Basic

Sebelum adanya Visual Basic, terlebih dahulu muncul bahasa pemrograman BASIC pada awal tahun 1960-an di Darthmouth College, Amerika. Bahasa BASIC ini merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami, sehingga para programmer pada masa itu mempelajari bahasa ini sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Hingga pada tahun 1982 IBM memperkenalkan PC pertamanya dan Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk digunakan pada PC ini.
Tidak lupa Microsoft menyertakan pula bahasa BASIC di dalam system operasi MS-DOS ini yang dikenal dengan nama QuickBasic (QBASIC). Tetapi seiring berjalannya waktu, dan munculnya system operasi Windows pada tahun 1990-an dan menggantikan MS-DOS, tetapi karena antusias pengguna terhadap bahasa QBASIC. Microsoft kemudian memperkenalkan bahasa Basic khusus Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic. Hingga saat ini, Visual Basic sudah hadir dalam 10 versi. Berikut peluncuran dari masing-masing versi.
  1. Pada tahun 1991 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 1.0 
  2. Pada tahun 1992 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 2.0 
  3. Pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 3.0 
  4. Pada tahun 1996 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 4.0 
  5. Pada tahun 1997 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 5.0 
  6. Pada tahun 1998 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 6.0 
  7. Pada tahun 2003 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 7.0 
  8. Pada tahun 2005 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 8.0 
  9. Pada tahun 2008 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 9.0 
  10. Pada tahun 2010 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 10.0

keuntungan menggunakan visual basic

- Mendukung pembentukan program aplikasi berbasis windows (jendela –
jendela ) dengan menu yang menarik dan professional.
– Jendela yang dihasilkan dapat dipindah-pindahkan ( Moveable ) dan
diperbesar atau diperkecil ( Resizeable )
– Microsoft Visual Basic secara otomatis dapat mengenal dan memanfaatkan
mouse





Event driven programming adalah paradigma pemrogrman yang jalannya program ini  ditentukan oleh event / peristiwa  yaitu sensor keloaran atau tindakan pengguna ( mouse klik, tombol ) atau pesan dari program lain.
Event-driven programming juga dapat didefinisikan sebagai aplikasi teknik arsitektur yang memiliki aplikasi utama loop yang jelas ke bawah dibagi dua bagian: yang pertama adalah kegiatan seleksi (atau aktivitas deteksi), dan yang kedua adalah penanganan event. Dalam sistem yang sama dapat dicapai dengan menggunakan interrupts bukan sebuah lingkaran utama terus berjalan, dalam hal ini mantan bagian arsitektur sepenuhnya berada di hardware.
Event-driven program dapat ditulis dalam bahasa apa pun, walaupun tugas yang mudah dalam bahasa yang menyediakan tingkat tinggi  seperti closures.
GUI (Graphical User Interface)
adalah jenis antar muka pengguna barang yang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan program di lebih banyak cara dibandingkan mengetik seperti komputer, perangkat genggam seperti Mp3 players, portable media players atau perangkat permainan, rumah tangga dan peralatan kantor dengan gambar daripada teks.
DDE (Dynamic Data Exchange)
Dynamic Data Exchange (DDE) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1987 dengan merilis Windows 2.0, Itu menggunakan “Windows Messaging Layer” fungsionalitas dalam Windows.  Oleh karena itu, DDE terus bekerja bahkan dalam versi modern Windows.  Teknologi baru telah dikembangkan yang, sampai batas tertentu, dibayangi DDE (misalnya OLE, COM. dan OLE automation, namun masih digunakan di beberapa tempat di dalam Windows, misalnya shell file asosiasi, untuk menyalin, memotong dan menyisipkan fungsi. Fungsi utama dari DDE ini adalah untuk memungkinkan aplikasi Windows untuk berbagi data.
OLE (Object Linking and Embedding)
Object linking and embedding (OLE)  adalah sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan embedding dan menghubungkan ke dokumen dan objek lain.
OLE pertama kali dirilis pada tahun 1990, yaitu OLE 1.0 adalah evolusi asli dari “dynamic data exchange” atau DDE, konsep bahwa microsoft dikembangkan untuk versi sebelumnya dari windows. Sementara DDE terbatas jumlah terbatas untuk mentransfer data antara dua menjalankan aplikasi, OLE mampu mempertahankan hubungan aktif antara dua dokumen atau bahkan melekatkan satu jenis dokumen dalam lainnya. dan ada pula OLE 2.0 sebagai evolusi dari OLE 1.0, dan selanjutnya diperkenalkan OLE custom controls yang diperkenalkan pada tahun 1994 sebagai pengganti yang sekarang usang Visual Basic Extension controls.
OLE mengizinkan sebuah editor untuk “pertanian keluar” bagian dari dokumen editor lain dan kemudian mengimpornya kembali. Sebagai contoh, sebuah desktop publishing sistem akan mengirimkan beberapa teks ke pengolah kata atau gambar ke editor bitmap menggunakan OLE. Manfaat utama dari menggunakan OLE adalah untuk menampilkan visualisasi data dari program lain bahwa program host biasanya tidak dapat menghasilkan sendiri (misalnya kue-chart dalam sebuah dokumen teks), serta untuk menciptakan file master. Referensi data dalam file ini dapat dibuat dan master file yang bisa lalu telah berubah data yang kemudian akan berpengaruh pada dokumen yang direferensikan.
DLL (Dynamic-link library)
Dynamic-link Library atau DLL, adalah microsoft pelaksanaan shared library (perpustakaan berbagi), konsep dalam Microsoft windows dan OS/2 sistem operasi. Perpustakaan ini biasanya mempunyai ekstensi file DLL, OCX (untuk perpustakaan yang mengandung ActiveX kontrol), atau DRV (untuk warisan driver sistem). Format file DLL adalah sama seperti untuk Windows EXE file – yaitu, Portable Executable (PE) untuk 32-bit dan 64-bit Windows, dan new executable (NE) untuk 16-bit Windows. Seperti dengan mantanku, DLL dapat berisi kode,data dan sumber daya, dalam setiap kombinasi.
ActiveX
ActiveX adalah sebuah kerangka kerja untuk mendefinisikan reusable komponen perangkat lunak yang melakukan fungsi tertentu atau sejumlah fungsi dalam microsoft windows dengan cara yang tidak tergantung pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk melaksanakannya. Sebuah aplikasi perangkat lunak kemudian dapat terdiri dari satu atau lebih dari komponen ini dalam rangka untuk memberikan fungsinya.
program ini diperkenalkan pada tahun 1996 oleh microsoft sebagai perkembangan dari Component Object Model (COM) dan Object linkng dan embedding (OLE) teknologi dan biasanya digunakan dalam windows sistem operasi, meskipun teknologi itu sendiri tidak terikat padanya.
Banyak Microsoft Windows aplikasi – termasuk banyak dari mereka dari Microsoft sendiri, seperti Internet Explorer, Microsoft Office, Microsoft Visual Studio, dan Windows Media Player menggunakan kontrol ActiveX untuk membangun fitur-set dan juga merangkum fungsi mereka sendiri sebagai kontrol ActiveX yang dapat kemudian dimasukkan ke dalam aplikasi lainnya. Internet Explorer juga memungkinkan kontrol ActiveX embedding ke halaman web
preferensi: google-wikipedia



Pembuatan dan pengembangan Visual Basic
-  Design    :  Modus    Desain    ( g  )   merupakan      modus    yang   digunakan     untuk
mendesain sebuah aplikasi yaitu merancang tampilan form dan menuliskan rutin  program.
-   Procedure   :   prosedur   bisa   berupa   kelompok   kode   perhitungan   atau   pengolahan
teks atau operasi database tertentu atau kelompok lainnya.
-   Procedure      view    dan   tombol     full  modul     view   memudahkan         pilihan   untuk
keseluruhan penampilan atau hanya procedure terpilih saja.
-   Drag dan drop diantara window code dan window watch
 -   Instant watch dalam mode debug bisa tampil sebagai tooltip.
 -   Convert to runtime version : Modus Run-Time ( 8) merupakan modus saat aplikasi
mengambil   alih   pengontrolan   program   dengan           cara   Visual   Basic   menjalankan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar